Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips : Cara Menjadi Teknisi Komputer Yang Baik Untuk Pelanggan

Menjadi seorang teknisi komputer, baik itu di daerah sendiri atau pun sebagai karyawan orang lain, pastilah mempunyai bermacam tantangan. Berbagai tantangan ini bisa berupa hal-hal yang sanggup memancing emosi, hal-hal yang sanggup memancing untuk mengingkari janji, dan masih banyak lagi. Yang jelas, apabila tantangan ini tidak bisa kita lewati dengan baik, kita akan dicap oleh pelanggan sebagai teknisi yang buruk.

Akibat dari itu, sanggup dipastikan bahwa pelanggan Anda tidak percaya lagi kepada Anda, dan kemungkinan besar mereka tidak akan kembali lagi ke daerah Anda. Jika sudah menyerupai itu, Anda niscaya sadar bahwa pemasukan Anda pun menjadi berkurang.


Nah, semoga hal ini tidak terjadi, maka dari itu Anda harus menjadi teknisi yang baik, semoga nama Anda tetap manis di mata pelanggan. Untuk menjadi teknisi yang baik, Anda mungkin memerlukan tips menjadi teknisi komputer yang baik di bawah ini.

INI cara menjadi teknisi komputer yang baik
 
1. Harus sopan

Yang pertama harus Anda lakukan ialah bersikap sopan kepada siapa pun. Baik itu kepada pelanggan, kepada bos, (jika jadi karyawan) mau pun kepada mitra kerja Anda. melaluiataubersamaini perilaku sopan yang Anda diberikan kepada setiap orang, ini menjadi evaluasi seseorang kepada Anda, bahwa Anda ialah orang yang baik.


Baca: Jadi teknisi komputer tidakboleh sombong

Setidaknya ini akan menjadi modal pertama bagi Anda, meski pun kesopanan Anda gres tampak dari luarnya saja (peace) :D. melaluiataubersamaini bersikap sopan, terlebih kepada pelanggan, maka akan berpeluang untuk membentuk hubungan yang lebih bersahabat lagi dengan mereka tiruana. Bagusnya ini akan mengakibatkan mereka tetap berlangganan kepada Anda.


2. Harus jujur
 
Selain sopan, seorang teknisi komputer haruslah jujur, dan menanamkan kejujuran itu di dalam dada. Kejujuran di sini termasuk berkata menyerupai apa adanya. misal : Jika Anda merasa tidak bisa mengerjakan servisan yang gres hadir dari pelanggan, dengan duduk masalah yang belum pernah Anda dapatkan, maka katakanlah tidak bisa atau belum bisa, atau belum pernah mengerjakan yang menyerupai itu sebelumnya. Kemudian katakan lagi, kalau Bapak/Ibu mempercayakannya, maka saya akan usahakan.

Percayalah bahwa dengan berkata tidak bisa, itu tidak menurunkan derajat Anda sedikit pun. Justru ketika Anda berkata bisa, nyatanya Anda tidak bisa, maka inilah yang bakal mencoreng nama Anda.

Berkata apa adanya di sini juga termasuk berkata yang bergotong-royong ihwal apa yang Anda kerjakan. Jangan hingga Anda bisa menghidupkan laptop seseorang spesialuntuk dengan cara memmembersihkankannya dari debu, kemudian Anda menyampaikan kepada pelanggan bahwa ganti ini, ganti itu, dan mempersembahkan biaya yang mahal kepada mereka. Demi Allah ini dosa.

Kejujuran selanjutnya ialah dalam hal menjalankan amanah untuk menjaga notebook atau komputer milik pelanggan. Di sinilah godaan yang sangat besar, di mana laptop yang dititip beberapa ahad di daerah Anda, bisa menjadi sebuah peluang bagi Anda untuk berbuat jahat. Bisa saja kan Anda mengganti spare part laptop pelanggan Anda, dengan spare part milik Anda yang sudah rusak. Dan meski pun Anda lakukan itu, mereka tidak pernah tau perbuatan Anda.

Namun tetap saja, sepandai-pandai Anda menyimpan bangkai, niscaya akan tercium juga baunya. Oleh lantaran itu, Anda harus selalu bersikap jujur dalam segala hal. Bersikap jujur, jujur dan jujur, tidak spesialuntuk baik di mata pelanggan, tapi baik juga di mata Tuhan. Kalau pelanggan dan Tuhan sudah menganggap Anda baik, Insya Allah rejeki Anda juga akan baik, amin.

3. Harus menepati janji
 
salah satu hal yang paling dibenci pelanggan adalah, ketika Anda berjanji, namun tidak bisa menepatinya. Misalnya, Anda berjanji akan menuntaskan sevisan laptop pelanggan dalam waktu 1 minggu, dan akan memdiberi kabar kepada pelanggan tersebut pada waktu yang sudah ditentukan. Ternyata lantaran sibuk mengerjakan urusan lain, Anda tidak bisa menepatinya, bahkan hingga berbulan-bulan.

Padahal, yang seharusnya Anda lakukan ialah sebisa mungkin menuntaskan pekerjaan Anda dengan sempurna waktu. Justru lebih baik lagi, kalau ternyata Anda bisa menuntaskan pekerjaan Anda lebih cepat dari perjanjian sebelumnya. Oleh lantaran itu, kalau Anda mendapatkan servisan yang kiranya susah, tidakboleh pribadi menyampaikan bahwa Anda bisa mengerjakan lebih cepat, spesialuntuk semoga mereka mau menservis laptopnya di daerah Anda.

Al hasil, kalau Anda tidak bisa menepatinya, Anda akan dicap sebagai orang yang tidak punya komitmen dan mencla-mencle (jw). Agar ini tidak terjadi, berbuatlah baik dengan selalulu mencoba untuk menepati janji.

4. Bertanggung jawaban
 
Jika Anda ingin menjadi teknisi yang baik, seharusnya Anda mempunyai perilaku tanggung balasan kepada para pelanggan. Sikap tanggung balasan ini sangat diperlukan, lantaran Anda sudah dipercaya dan didiberi amanat oleh pelanggan, untuk mengerjakan kiprah Anda dengan sebaik-baiknya, dan menjaga laptop mereka semoga tetap aman.

Memang, pekerjaan menjadi teknisi itu resikonya sangat besar. Jika Anda merusak laptop seseorang, maka Anda harus bertanggung jawaban, dengan cara mengganti rugi kepada pelanggan Anda. Oleh alasannya ialah itu, kalau Anda khawatir akan resiko yang besar, hal itu wajar, jadi solusinya buatlah perjanjian di awal, bahwa Anda tidak bertanggung balasan atas resiko dan kemungkinan yang akan terjadi terhadap laptop mereka.

Jika mereka mau, silahkan Anda kerja, tapi kalau mereka tidak mau, tinggalkan pelanggan ini. Namun pada dasarnya, kebanyakan pelanggan mau mengerti, mengapa Anda tidak mau mengambil resiko. Dan mereka pun meng iyakan saja, laptopnya di servis tanpa jaminan atas sesuatu yang akan terjadi.

Tanggung balasan yang lebih besar bagi seorang teknisi adalah, Anda harus menjaga laptop, netbook, notebook atau komputernya pelanggan, dengan sebaik mungkin. Maka ketika sudah diambil, itu harus sama menyerupai ketika pertama Anda menerimanya. Misalnya ketika hadir membersihkan, maka kembali ya harus membersihkan. Malahan lebih baik lagi kalau hadir kotor, kembalinya bisa membersihkan. Ini akan menunjukkan kepada mereka, bahwa Anda ialah orang yang bertanggung jawaban.

Keuntungan menjadi teknisi yang baik sudah jelas, bahwa Anda akan dipercaya pelanggan, dan itu membuat mereka kembali dan kembali kepada Anda. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak lagi, silahkan baca keuntungan menjadi teknisi komputer yang baik

Baiklah, saya rasa cukup sekian dulu goresan pena ini, semoga bermanfaa bagi Anda. Yang terpenting dari tiruana ini adalah, jaga selalu kejujuran Anda. Terima kasih..

Post a Comment for "Tips : Cara Menjadi Teknisi Komputer Yang Baik Untuk Pelanggan"