Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memanfaatkan Kata Kunci Yang Didapatkan Dari Google Analytics


Pada peluang sebelumnya saya pernah menandakan wacana bagaimana menelusuri kata kunci yang dipakai pengunjung website memakai google analytics. Mungkin ada yang bertanya – tanya memangnya seberapa pentingkah hal tersebut bagi seorang web master? atau bagaimana memanfaatkan / mengolah data – data kata kunci yang didapatkan dari Google Analytics supaya menjadi sumber trafik gres bagi website / blog yang dikelola ?

#Memahami Mesin Pencari

Sebelumnya perlu dipahami wacana bagaimana cara kerja sebuah mesin pencari ibarat Google menampilkan hasil pencariannya. Ketika ada seseorang melaksanakan pencarian memakai kata kunci tertentu di Google, maka Google akan berusaha mancari dan menampilkan konten yang relevan sesuai dengan apa yang dicari oleh penggunanya.

Hasil pencarian yang ditampilkan terkadang tidak selalu sempurna dengan kata kunci yang dituliskan oleh pengguna (user), alasannya memang tugasnya Google spesialuntuklah mencari konten yang terdapat di website / blog yang sekiranya mempunyai konten yang sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna. Ketika memang tidak ada konten yang benar – benar sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna, maka Google akan tetap berusaha menampilkan hasil pencarian yang “mendekati” kata kunci (keyword) yang di ketikan oleh user.

#Mengolah Kata Kunci (Keyword) Google Anlytics

Ketika konten yang dicari tidak ada, atau tidak begitu spesifik dengan apa yang dicari oleh pengunjung, maka Google akan mencari konten yang sekiranya “mendekati” dengan kata kunci yang dicari. Ketika pengunjung mengarah ke Blog kita yang dipasang Google Anlytics, maka secara otomatis kata kunci yang sebelumnya dituliskan oleh pengunjung tersebut akan direkam di database.

Nah pada ketika kita mengecek kata kunci / keyword di Google Analytics dan menemukan kata kunci yang sebenarnya tidak ada dalam postingan blog / website, spesialuntuk sebatas “mendekati” saja atau tidak “pas” dengan judul artikel yang ada di blog, maka disinilah kita sanggup “bermain” mengolah kata kunci yang sudah didapatkan untuk dijadikan sebuah artikel gres yang lebih sepesifik sesuai data yang didapatkan dari Google Analytics, sehingga diperlukan hal tersebut akan membuat Blog / website ditampilkan di bab paling atas pada hasil pencarian pencarian pertama.

Tahap selanjutnya yaitu mengatur internal link dengan artikel yang sudah berjasa mempersembahkan kata kunci tersebut. Hal ini dilakukan supaya artikel gres yang sesuai dengan impian pengunjung sanggup lebih cepat terindex oleh mesin pencari.

Supaya lebih jelas, Saya akan sedikit mempersembahkan pola penerapannya.

#misal Penggunaan / Pemanfaatan Keyword Dari Google Analytics

Untuk pola saja, disini misal Anda mendapat kata kunci / keyword dengan kata “mengatur kontras tv ikedo”

Selanjutnya nanti Anda cek apakah di blog / website Anda terdapat postingan yang “pas” atau ada hubungannya dengan kata kunci yang didapatkan. Anda sanggup mengeceknya memakai mesin pencari dengan memakai kata kunci tersebut

misalnya ibarat diberikut
 
 Pada peluang sebelumnya saya pernah menandakan wacana bagaimana  Teknik Memanfaatkan Kata Kunci Yang Didapatkan Dari Google Analytics


Dalam pola terlihat bahwa Google menampilkan hasil pencarian dari beberapa situs, termasuk situs milik Saya. Namun bila diperhatikan tidak ada konten / judul artikel yang spesifik sesuai dengan kata kunci tersebut, termasuk pada blog yang saya kelola. Namun sanggup Anda lihat sendiri gotong royong Google tetap berusaha menampilkan hasil pencarian yang sekiranya “mendekati” kata kunci yang dicari.

Nah disinilah kita mendapat pemasukan kata kunci tersebut, seolah – olah Google memdiberi tahu web master “Nih ada yang cari kata kunci ini, coba buat artikel memakai kata kunci ini”. Dan tentu saja hingga disini seorang web master harusnya tahu apa yang harus beliau lakukan

Bila kata kunci tersebut ingin dimanfaatkan, maka Anda perlu membuat artikel memakai kata kunci tersebut, tidak harus terlalu sama, maksudnya yaitu keyword yang didapatkan judulnya misal “mengatur kontras tv ikedo” maka nanti artikel yang kita tulis sanggup saja berjudul “cara mengatur kontras led ikedo”

#Mengatur Link Internal


Jika sebelumnya pada mesin pencari kata kunci / keyword “mengatur kontras tv ikedo” menampilkan hasil pencarian artikel dengan judul “mengatur input output ikedo” yang sebenarnya spesialuntuk sekedar mendekati kata kunci saja, maka artikel gres yang dibentuk perlu dihubungkan dengan artikel tersebur semoga sanggup cepat terindek. Makanya kita mungkin sering mendengar atau melihat blogger yang menyisipkan internal link pada setiap artikelnya, dan berdasarkan saya tujuan utamanya tentu saja yaitu ini, supaya artikel relevan yang lainnya sanggup secara cepat terindex di mesin pencari. Jika tidak relevan, tentu saja ini berdasarkan saya tidak berguna.

Sampai disini, paham kan bagaimana cara memanfaatkan kata kunci yang didapatkan dari Google Analytics ?

Kata kunci yang tersimpan pada Analytics ialah kata kunci organik atau sumber kemudian lintas organik yang dihasilkan / dihadirkan dari mesin pencari, meskipun itu hany satu atau dua kemudian lintas saja. Karena hal ini tentu saja sangat kuat khususnya bagi situs – situs yang sudah di monetisasi memakai layanan ibarat adsense, alasannya dengan begitu Google tentu akan sanggup lebih relevan dalam menampilkan iklan yang sesuai dengan minat pengunjung. Namun tentu saja hal ini tidak spesialuntuk sebatas pada itu saja, sanggup saja data tersebut (analytics) juga dimanafatkan untuk keperluan mereka yang ingin memasang iklan sanggup bangun diatas kaki sendiri pada situs web / blog yang Anda kelola, jikalau iklan yang akan mereka pasang relevan sesuai dengan minat para pengunjung situs maka tentu nilai uang untuk iklan yang mereka pasang jadi tidak sia – sia, alasannya peluang prodak / jasa yang diperkenalkan melalui iklan akan jadi jauh lebih cepat dikenal atau bahkan jadi banyak pembelinya

#Kesimpulan
  1. Pemanfaatan kata kunci yang didapatkan dari Google Analytics ini tentu akan membuat trafik pada situs Anda jadi bertambah, alasannya konten yang Anda buat sanggup jauh lebih tertarget dan situs Anda sanggup berpeluang berada pada posisi pertama hasil pencarian
  2. Pemanfaatan kata kunci yang didapatkan dari Google Analytics ini bukan spesialuntuk sekedar untuk mendapat trafik, tapi lebih dari itu, yaitu juga untuk mendapat sumber kemudian lintas organik yang diperlukan sanggup membuat situs sanggup ditampilkan oleh mesin pencari pada posisi pertama hasil pencarian, serta membuat situs yang sudah di monetisasi ibarat oleh adsense penghasilannya sanggup lebih optimal alasannya menampilkan iklan sesuai minta pengguna sehingga besar kemungkinannya iklan yang terpasang sanggup menghasilkan laba baik bagi pemasang iklan (advertiser) atau publisher yang memasang iklan di situs yang dikelolanya

Semua yang saya tulis ini ialah sebuah pendapat, berdasarkan beberapa hal yang saya pahami dari sumber kemudian lintas (kata kunci) organik yang di dapatkan dari Google Analytics. Sehingga ini mungkin tidak usah terlalu dijadikan patokan dalam menulis artikel, alasannya ketika menulis artikel pertama pun kita tentu tidak sanggup berpatokan pada kunci apapun, terkecuali kita mau “membayar” untuk mendapat sebuah keyword. Hal ini (membayar) tentu tidak terlalu menjadi masalah, terutama kalau kita mau dan sanggup memanfaatkan akomodasi gratis dari Google Analytics secara terbaik, sehingga mungkin Anda sanggup menjaring banyak kata kunci, namun tentu ini tidak akan berhasil, jikalau knten pada situs Anda sedikit.

Selamat mencoba…

Post a Comment for "Cara Memanfaatkan Kata Kunci Yang Didapatkan Dari Google Analytics"